Pengertian SQL dan Beberapa Jenisnya

struktur-query-language

 

Mengenal Pengertian SQL

Pengertian SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan seperlu mengakses data dalam database rasional. SQL atau query dalam praktiknya dimanfaakan sebagai bahasa standar. Khususnya untuk manajemen database rasional. Dewasa ini diketahui hampir semua server database dan juga software dagabse mengerti bahasa SQL.

SQL diketahui mengikuti standar American Nasional Standar Insitute atau ANSI yang digunakan dalam manajemen database relasional. Menggunakan SQL Anda dapat mengakses database, menghapus data di dalam database, mengubah data database, dan menjalankan query seperlu mengambil data database. Dewasa ini pun sebagian besar server database yang tersedia support SQL guna menjalankan manajemen datanya.

 

Jenis-Jenis Perintah SQL

Ada beberapa jenis perintah yang digunakan dalam penggunaan SQL. Dimana jenis perintah dibutuhkan seperlu mengakses dan memanajemen data dalam databse. Jenis perintah SQL yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan sub perintah bahasa SQL yang dimanfaatkan guna membangun kerangka database. Seperti halnya tabel dan database. Ada 3 perintah penting di dalam DDL, diantaranya create, alter, dan drop.
Create merupakan suatu perintah untuk membuat beberapa kebutuhan. Seperti database anyar, kolom anyar, view anyar, dan tabel anyar. Alter merupakan perintah yang berfungsi mengubah struktural tabel yang sudah dibuat. Melibuti pengubahan nama tabel, penambahan kolom, pengubahan kolom, penghapusan kolom, dan menambah atribut kolom. Sedangkan drop merupakan perintah untuk menghapus database ataupun tabel.

 

DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan sub perintah bahasa SQL yang dimanfaatkan dalam manipulasi data database yang sudah dibuat. Ada 4 perintah penting di dalam DML. Keempat perintah yang dimaksud yaitu insert, select, update, dan delete.
Empat perintah penting DML memiliki fungsi berbeda. Dimana insert merupakan perintah yang bisa digunakan untuk memasukkan data baru dalam tabel. Perintah ini dapat dijalankan saat database dan tabel telah selesai dibuat. Select merupakan perintah untuk mengambil lalu menampilkan data dari tabel atau sejumlah table memanfaatkan relasi. Update adalah perintah untuk memperbarui data dalam tabel. Sementara delete adalah perintah untuk mengahpus data dari tabel.

 

DCL (Data Control Language)

DCL merupakan sub bahasa SQL dengan fungsi pengontrolan data dan server database. Misalnya manipulasi user dan priviledges. Terdapat 2 perintah penting dalam DCL yakni grant dan revoke.
Grant merupakan perintah untuk memberi hak akses dari admin ke pengguna atau user. Adapun hak akses yang dimaksud bisa hak untuk membuat, mengambil data, mengubah data, hingga menghapus data. Selain itu ada hak khusus lainnya yang diberikan berkaitan dengan sistem database. Sedangkan revoke merupakan perintah untuk mencabut hak akses yang sabelumnya diberikan kepada pengguna. Jadi bisa dibilang revoke memiliki fungsi berkebalikan dengan grant.

sql

 

Demikian beberapa jenis bahasa SQL database. SQL sendiri sudah dikenal sejak tahun 1970. Pada saat itu Jhonny Oracle yang diketahui sebagai seorang peneliti dari perusahaan IBM tampil memberi ide segar dalam pembuatan basis data relasional. Ide Jhonny dituliskan dalam artikel yang mengulik tentang peluang membuat bahasa standar yang bisa digunakan untuk mengakses data di dalam database. Bahasa standar tersebut awalnya dikenal sebagai SEQUEL yang merupakan singkatan dari Structured English Query Language.

Seiring waktu SEQUEL dikembangkan hingga penamaan bahasa standar ini diganti. Hal ini lantaran nama SEQUEL sempat bermasalah di ranah hukum. Sehingga kini bahasa standar yang dimaksud dikenal sebagai SQL. Sekian pengertian SQL dan beberapa jenis perintahnya.