15%

Apa Itu Virtual Environment dan Kegunaannya

14-Dec-2019

Virtual environment adalah sebuah wadah untuk menampung pustaka serta modul dalam suatu proyek pekerjaan agar terisolasi. Ketika kita mengerjakan beberapa aplikasi/proyek dengan modul yang sama akan tetapi membutuhkan versi berbeda, disinilah kita membutuhkan virtualenv. Sebagai contoh ketika kita mengembangkan suatu aplikasi web dengan flask versi 0.12.x dan kemudian kita mengembangkan aplikasi lainnya dengan flask 1.1.x maka virtualenv dapat mengisolasi pekerjaan kita.

Bagaimana jika kita mengembangkan aplikasi/proyek tanpa virtualenv ? 
Jika dari contoh diatas kita tidak membuat virtualenv maka aplikasi/proyek flask 0.12.x (pertama) akan menjadi flask 1.1.x dan semua modul yang kita butuhkan akan ikut diperbarui setiap kita menggunakan pip.

 

Membuat Virtual Environment di Windows


Sebelum membuat virtualenv ada baiknya kita membuat folder untuk aplikasi/proyek yang akan kita kerjakan. Caranya cukup mudah, melalui terminal ketik

mkdir nama_proyek


Lalu kita pindah ke direktori yang telah kita buat tadi:

cd nama_proyek

Setelah itu baru kita buat virtualenv dengan perintah:

py -3 -m venv nama_virtualenv

Jika tidak ada pesan error maka kita berhasil membuat virtual environment.

 

 

Aktivasi Virtual Environment


Perlu diketahui, setelah membuat virtualenv dengan perintah diatas virtual env belum aktif, dengan kata lain jika kita ingin menambahkan paket-paket atau modul melalui pip install nama_paket maka paket tidak akan masuk ke virtualenv yang kita buat tadi.
Virtualenv akan terinstal  di....

C:\Users\cs\AppData\Local\Programs\Python\Python38-32\Lib\site-packages


Kita perlu mengaktifkan virtualenv agar tidak terjadi seperti yang saya sebutkan. Untuk mengaktifkan virtualenv ketik:

nama_virtualenv\Scripts\Activate

Setelah perintah diatas dijalankan maka akan terlihat nama virtualenv dalam kurung yang menandakan virtualenv telah aktif. Sekarang kita dapat install modul kedalam virtualenv tersebut. Untuk percobaan kali ini kita akan install requests.

pip install requests

Setelah kita install kita dapat melihat paket-paket atau modul apa saja yang ada didalam virtualenv dengan cara ketik:

pip list

 

 

Menonaktifkan Virtual Environment


Ketika kita ingin menjalankan aplikasi/proyek yang lain, virtualenv harus diaktifkan sesuai dengan dengan paket-paket yang dibutuhkan aplikasi/proyek kita. Jika virtualenv kita dalam keadaan aktif (ditandai dengan tanda kurung virtualenv) kita perlu menonaktifkannya.
Caranya ketik:


nama_virtualenv\Scripts\Deactivate


Sekarang kita dapat melihat virtualenv yang tadi dalam kurung sudah tidak ada. Dan jika kita menjalankan perintah pip list maka paket-paket atau modul pada virtualenv sudah tidak ada. Jika ada maka paket-paket atau modul itu bukan terletak pada lingkungan virtualenv melainkan di python global...

C:\Users\cs\AppData\Local\Programs\Python\Python38-32\Lib\site-packages

Jika kita tidak mengaktifkan virtualenv pada proyek kita maka paket-paket atau modul akan diambil dari site-packages alias global environment.

Topik : python

Artikel yang mungkin Anda suka