15%

Mengenal Bahasa Pemrograman Python Yang Digunakan Perusahaan Besar

04-Oct-2019

 

Bahasa pemrograman apa saja yang sudah Anda ketahui dan pelajari? Bahasa pemrograman Java, C++ dan PHP mungkin sudah tidak asing untuk didengar. Namun, apakah Anda sudah pernah mendengar bahasa pemrograman Python? Apakah Anda sudah memahami apa itu bahasa pemrograman Python? Jika belum, Anda perlu mengenal bahasa pemrograman Python lebih dalam dan mempraktekkannya langsung berupa programming.

Sebelum itu, Anda perlu tahu apa itu bahasa pemrograman Python. Merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak digunakan dalam berbagai macam program seperti, web aplikasi, aplikasi mobile, program GUI pada desktop, hacking, dan masih banyak lagi. Selain itu, Python juga terkenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari karena memiliki sintaks yang rapi dan teratur.

Berikut ini pembahasan mengenai bahasa pemrograman Python lebih lanjut.

 

Alasan Harus Mengenal Python

Python yang memiliki bahasa pemrograman sederhana ini bisa menjadi bahasa yang Anda andalkan dalam pembuatan program. Python yang sederhana membantu Anda dengan cepat memahami cara kerja bahasa pemrograman tersebut, sehingga pekerjaan Anda juga berjalan dengan efektif. Bahkan, bahasa pemrograman Python banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam penggunaan sistemnya.

Kelebihan tersebut akan membuat Anda berfokus dalam mempelajari bahasa pemrograman Python dan bisa menjadi keahlian Anda menggunakannya untuk programming. Cepat, efektif, dan mudah merupakan tagline khusus Python yang bisa Anda temukan pada website-website yang membahas lebih dalam.

Python sendiri memiliki sangat banyak pustaka library yang bebas digunakan maupun dikembangkan sehingga programmer sangat cepat menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya pengembangan machine learningJika machine learning dikerjakan tanpa library tentu akan membutuhkan waktu cukup lama.

 

Persiapan Bagi Yang Ingin Belajar Python

Anda tertarik mempelajari bahasa pemrograman Python? Bisa memulainya dari apa saja yang harus Anda persiapkan ketika mempelajarinya. Yang pertama harus Anda persiapkan adalah interpreter Python. Bahasa pemrograman Python yang akan Anda gunakan bisa ditemukan pada beberapa contoh script pada buku maupun jurnal terkait Python. Anda bisa menyimpan contoh-contoh tersebut untuk Anda praktekkan sebagai bahan pelajaran.

Yang kedua adalah IDE atau text editor sebagai tempat pendukung untuk kode dari bahasa pemrograman Python. Untuk mendapatkan text editor ini, Anda perlu melakukan instal program pada komputer atau laptop sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Beberapa text editor yang cukup terkenal untuk python adalah pycharm, visual code, sublime text, notepad++ bahkan jika menggunakan windows kita dapat menulis dengan notepad dan jika pengguna Linux menggunakan Nano. Jangan lupa juga untuk menginstal Python agar hasil kodingan bisa berjalan pada OS Windows, untuk pengguna Linux Anda tidak perlu menginstall python lagi karena python sudah ada pada saat installasi Linux.

 

Penggunaan Fungsi-Fungsi Dalam Python

Setiap bahasa pemrograman mempunyai fungsi saat pengkodingan inisialisasi. Pada Python terdapat inisialisasi berupa kata def yang akan mencetak string atau kata pada tampilan program. Ketika Anda mengetikkan def lalu, diikuti dengan beberapa kata yang ingin Anda tampilkan. Maka, kata-kata tersebut akan muncul saat program dijalankan.

Tidak hanya kata-kata saja, bahkan fungsi dari beberapa Python bisa Anda aplikasikan langsung pada rumus matematika. Seperti fungsi from dan import untuk memunculkan angka-angka beserta perintah kerja rumus matematika tersebut yang langsung diambil dari library dari Python itu sendiri. 

Contoh fungsi dari python adalah print(), list(), slice() dan masih banyak lagi fungsi untuk mendapatkan sebuah program sesuai kebutuhan.

 

lihat disini untuk built-in function python

 

Selain fungsi built-in dari Python kita juga dapat membuat fungsi sendiri sesuai kebutuhan yang bertujuan untuk dapat dipanggil berulang kali tanpa harus membuat koding lagi.  Berikut Contoh kerangka kerja fungsi pada python

def fungsi_saya():
  print("Halo ini adalah sebuah fungsi")

fungsi_saya()

 

Pembuatan Program Python

Pembuatan sebuah program pada Python hampir sama seperti program lainnya. Anda membutuhkan wadah atau tempat untuk menulis skrip menggunakan bahasa pemrograman Python. Atau yang biasa disebut sebagai text editor. Dan pastinya Anda membutuhkan komputer atau laptop yang mendukung program Python.

Selain itu, script Python itu sendiri yang sudah harus Anda pahami apa saja fungsi-fungsi yang berlaku dalam bahasa pemrograman Python. Buat program yang ingin Anda dapatkan dengan memadukan beberapa fungsi Python. Oleh karena itu, Anda bisa mengenal bahasa pemrograman Python lebih dalam dengan banyak latihan.

Topik : python

Artikel yang mungkin Anda suka