15%

Mengapa Banyak Orang Tidak Tahu Apa itu Data Science?

20-Oct-2019

Walaupun dekat dengan manusia, banyak orang masih sering bertanya – tanya apa itu data science. Definisi yang dibuat untuk hal ini padahal sudah dibahas oleh banyak ahli. Tapi karena merupakan topik yang tidak banyak dibahas, orang tidak terlalu memikirkan asal usul hal ini.

Data science sebenarnya ilmu yang berhubungan dengan data yang biasanya mencakup tiga fase, yaitu desain data, mengumpulkan data dan analisis data. Data yang digunakan di sini bisa diambil dari berbagai hal. Biasanya data ini digunakan untuk keperluan simulasi dan mencari solusi.

Orang yang mengetahui apa itu data science dan memiliki profesi yang berhubungan dengan hal tersebut, disebut juga dengan data analyst. Agar data analyst dapat menganalisis data dengan baik, banyak ilmu yang bekerja di dalamnya. Tidak hanya pengetahuan, tapi juga alat – alat juga berperan penting dalam hal ini.

Profesi analis ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Sejauh ini orang tidak paham soal pekerjaan ini karena tidak ada pendidikan formal yang menjurus sebagai analyst. Walaupun pengetahuan soal analisa data tersebar di berbagai ilmu lain, fokus yang mendalami semua proses data tersebut belum ada. Jadi jika ingin mempelajari semua teknik pengolahan data, seorang analyst harus belajar metodenya sendiri – sendiri.

 

Data Science di Kehidupan

Walau belum umum dikenal, banyak pihak membutuhkan hal ini. Misalnya saja di perusahaan marketplace atau toko online. Platform ini tentu membutuhkan informasi tentang para pengunjung, pedagang yang terdaftar dan juga konsumen yang berbelanja di situ. Data individu – individu tersebut bisa diolah untuk perkembangan perusahaan jika di tangani oleh analis.

Data science untuk perusahaan toko online tersebut bisa menunjukkan banyak hal, misalnya:

  • Demografi penjual dan pembeli di platform tersebut
  • Mengetahui besar transaksi yang dilakukan tiap individu dalam platform
  • Jenis produk yang paling laku dijual atau dibeli

Data ini nantinya bisa digunakan sebagai basis strategi perusahaan untuk dapat berkembang. Misalnya saja untuk data jenis produk yang paling laku , perusahaan mendorong promo tertentu. Misalnya data tersebut menunjukkan laptop adalah produk yang paling gencar. Jadi promo yang sesuai berupa cash back dari platform setiap pembelian laptop dengan harga tertentu. Bonus ini akan mendorong banyak pembeli mencari laptop. Banyaknya konsumen yang mencari produk mendorong para pedagang di platform untuk menjual lebih banyak laptop.

 

Tantangan Data Science

Walaupun sangat berguna bagi kehidupan, profesi data science yang murni sangat sulit dilakukan. Data science murni ini berarti pengetahuan tentang data science yang paling lengkap. Sekarang ini analis data hanya dilakukan pada orang dengan pengetahuan pada bidang tertentu.

Misalnya pada contoh toko online di atas. Data analyst yang bekerja di situ biasanya adalah data analis ekonomi atau pemasaran. Orang yang ahli dalam semua bidang data science sangat sulit ditemukan, karena pengetahuan yang harus diserap sangat banyak. Misalkan saja data analis pemasaran belum tentu mampu mengerjakan urusan data analyst mengenai astronomi ataupun geologi.

Tapi bagi yang ingin mendalami data science dengan lebih dalam ada satu ilmu yang pasti, yaitu matematika. Peran pengetahuan matematika dalam data science secara spesifik terletak di statistik. Selama Anda mempelajari ilmu kunci ini, Anda akan memiliki waktu lebih baik mempelajari apa itu data science dari sumber pengetahuan lain.

Sekian penjelasan tentang apa itu data science, mudah – mudahan informasi di atas dapat membantu Anda. Terima kasih sudah membaca!

Topik : Data Science

Artikel yang mungkin Anda suka