15%

Belajar Mengenal Variabel Pada Bahasa Pemrograman PHP

04-Oct-2019

 

Dalam bahasa pemrograman komputer sudah pasti seorang programmer harus mengenal apa itu variabel. Variabel adalah sebuah kode yang dituliskan/digunakan untuk menampung suatu nilai yang diinginkan, nilai yang sudah ditampung pada variabel tersebut dapat diolah sesuai keinginan kita. Beberapa hal yang dapat kita lakukan pada nilai yang ada pada variabel adalah seperti menampilkan nilainya ke pada pengguna hingga menyimpan setiap yang diketikkan pengguna ke database kita. Untuk memahaminya langsung saja kita praktekkan kode dibawah ini :


<?php

     $nama_variable = “isi disini nilai variablenya”;
 
      echo “$nama_variable”;

?>

Variabel pada PHP diawali dengan tanda dollar $ diikuti dengan namanya sesuai keinginan kita, kemudian dipisahkan dengan tanda = untuk mengisi nilainya. Jika dijalankan maka hasilnya adalah isi disini nilai variablenya.

 

Bayangkan sebuah variabel sebagai tempat/wadah penyimpan data

 

Mungkin Anda bertanya kalau untuk menghasilkan output seperti diatas kenapa harus pakai variabel ? bukankah dengan kode html saja sudah cukup ?. Lihat contoh kode html dibawah ini.

 

<html>

<body>

isi disini nilai variablenya

<body>

</html> 

 

 

Hasilnya sama dengan skrip php pertama tadi yaitu isi disini nilai variabelnya , dengan kondisi diatas tentu saja kita akan memilih menggunakan kode html (statis) daripada menggunakan PHP.

 

Mari kita lanjutkan membuat contoh lain agar kita dapat memahami lebih dalam kegunaan variabel dalam PHP yang di dapat hanya dijalankan hanya dengan kode HTML saja . Contoh variabel kali ini kita akan membuat 2 halaman:

  1. halaman1.php
  2. halaman2.php 

Halaman 1.php

<html>

  <head>

    <title>halaman 1</title>

  </head>

  <body>

   <form action=”halaman2.php” method=”post”>

     Isikan Nama Anda : <br>

     <input type=”text” name=”namasaya”><p>

     Isikan Umur Anda :<br>

     <input type=”text” name=”umursaya”><p>

     <input type=”submit” name=”submit” value=”Submit”>

   </form>

  </body>

</html> 

Kode diatas adalah form isian yang setelah kita memasukkan/mengisi form dan menekan tombol submit akan diproses ke file halaman2.php. Kode diatas memang sangat sederhana dan tidak ada variabelnya, isian form diatas akan disimpan kedalam variabel yang ada di file halaman2.php berikut ini.

 

Halaman 2.php

<html>

 <head>

   <title>halaman 2</title>

 </head>

   <body>

    <?php

      $nama = $_POST[‘namasaya’];

      $umur = $_POST[‘umursaya’];

    ?>

    Halo <?php echo $nama ?> umur Anda sekarang <?php echo $umur ?> tahun, semoga Panjang umur

 </body>

</html>   

Simpan kedua file tersebut dalam satu folder didalam htdocs dan jalankan dibrowser. Seperti kita lihat hasilnya setiap inputan dari form akan mengeluarkan hasil sesuai dengan apa yang diisi dalam form tentu saja ini tidak dapat dilakukan hanya dengan kode HTML saja, Jika dengan kode HTML saja nama dan umur yang diisikan dalam form statis dalam arti tidak bias berubah-ubah sesuai inputan pengguna.

 

Ini adalah contoh aplikasi yang sangat sederhana, ada banyak sekali penggunaan variable nanti pada saat kita membuat program bahkan menurut saya setiap kita menulis kode program pasti ada variabelnya. Sebagai contoh dalam aplikasi toko online, disetiap toko online ada ratusan produk bahkan ada yang sampai ribuan, bayangkan jika kita menulis dengan kode HTML artinya ada seribu produk maka kita harus membuat seribu file kode HTML tentu saja sangat merepotkan, dengan PHP seribu produk tersebut dapat ditampung dalam sebuah variabel dan kita hanya cukup membuat satu file.

Topik : php

Artikel yang mungkin Anda suka