15%

Penanganan Parameter HTTP dengan Flask Request

08-Feb-2020

Ketika kita bekerja atau mengembangkan aplikasi dengan protokol http/https, kita akan sering menemukan atau berhadapan dengan url parameter yang kompleks dan kemudian parameter tersebut harus kita ambil untuk digunakan sesuai kebutuhan kita. Lihat contoh url dibawah ini:

https://www.example.com/data?name=dhani&role=Software%20Developer

Contoh url diatas adalah yang sering kita temukan dan kita terkadang harus mengambil nilai dari name yaitu dhani atau role yaitu Software Developer. Bagaimana cara mengambil parameter dengan Flask ?. Flask sudah builtin dengan modul request yang bisa kita gunakan.

Flask Request Args

Untuk mengambil parameter url seperti contoh diatas maka kita harus mengimport modul flask request. Berikut ini kodenya

Jalankan kode diatas kemudian buka di browser ketikkan

https://127.0.0.1:5000/data?name=dhani&role=developer

Flask Request Form

Pada saat penanganan form secara umum ada dua method yang sering kita jumpai yaitu GET dan POST. GET digunakan untuk parameter atau argumen yang dapat dilihat valuenya dibrowser seperti contoh diatas. Sekarang kita akan coba menggunakan Form dengan method GET.

Hasilnya sama saja seperti contoh sebelumnya tapi disini kita menggunakan form. Seperti yang anda lihat pada browser, setiap Anda mengetikkan kata atau kalimat kemudian Anda menekan submit, maka pada browser terlihat parameter yang kita ketikkan pada form, itu terjadi karena pada form kita menggunakan method GET.

Bagaimana jika kita ingin yang kita ketikkan tidak kelihatan pada form? misal untuk kasus form login tentu kita tidak ingin password kelihatan dibrowser kan. Berikut contohnya

Kode diatas jika dijalankan seperti sebelumnya maka dibrowser url tidak akan kelihatan parameter yang kita ketikkan pada form.

Jika kita mempunyai banyak field pada form kita dapat menuliskan secara singkat dengan request.form dengan return dictionary.

Flask Request Files

Jika kita ingin upload file maka kita dapat menggunakan request.files dan didalam html jangan lupa untuk menulis enctype='multipart/form-data' pada element form, Contoh dibawah ini hanya menghasilkan keluaran/output nama file dan file tidak diupload

Untuk prosesnya upload datanya saya sudah membuat videonya menggunakan flask-wtf.

 

Topik : python Flask
Similar Posts

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar