15%

Mengenal LinkFlask CMS Blogging Python

22-Sep-2020

LinkFlask merupakan sebuah platform CMS blogging/website yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python dan framework Flask.
Sama halnya dengan beberapa platform lain seperti wordpress, blogger, drupal, joomla dan lainnya. Pada kali ini Saya akan membahas kelebihan dari LinkFlask serta fitur-fitur yang terdapat didalamnya.

 

Tentang LinkFlask

Seperti yang telah disebutkan, LinkFlask merupakan sebuah platform CMS blogging yang dibuat dengan tujuan ramah digunakan (user friendly) akan tetapi memiliki akan kekayaan fitur-fitur seperti platform lainnya.
Untuk para developer Python sangat disarankan menggunakan CMS ini karena source kode dibuat sangat mudah untuk dipahami dan dimodifikasi. Anda tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk membuat CMS dari awal dengan Python, dengan aplikasi CMS ini Anda akan segera dapat mempublikasikan tulisan-tulisan Anda.

 

Environment Yang Digunakan

 

  • Python 3.6+
  • Flask dengan beberapa ekstension
  • Database SQL (MySQL, Postgres, SQLITE)
  • CKEditor 4
  • Bulma CSS
  • Javascript/jquery

 

Fitur

Tampilan Antarmuka Untuk Pengunjung

Tampilan dibuat untuk memudahkan pengunjung blog Anda untuk membaca, melakukan pencarian, mengurutkan berdasarkan kategori serta pengunjung dapat memberikan komentar pada blog Anda
layaknya platform lainnya. Halaman dibuat dengan metode pagination untuk proses load halaman lebih cepat. Pada tampilan ini juga terdapat form langganan/subscribers yang dapat kita email jika kita memiliki konten terbaru.

 

Registrasi/Login

Tujuan dibuat fitur login adalah untuk keamanan dari konten-konten Anda. Link registrasi bersifat private akan tetapi jika link terpublikasi orang lain tetap harus mendapatkan persetujuan administrator untuk aktivasi akun agar bisa login.
Anda hanya perlu menuliskan email Anda (sebagai administrator) pada source code agar ketika Anda registrasi dengan email tersebut maka sistem akan mengenali bahwa Anda seorang Administrator dan akun langsung aktif agar bisa langsung login.


Beranda/Dashboard

Setelah registrasi dan login Anda akan diarahkan kehalaman beranda dashboard. Dihalaman ini Anda akan melihat konten-konten Anda serta navigasi yang sangat mudah untuk manajemen blog Anda. Dihalaman ini Anda akan melihat list artikel yang diurutkan berdasarkan terbaru serta memiliki 3 tombol pada setiap list artikel.

  1. Edit.
    Tombol ini jika diklik maka akan langsung mengarahkan kehalaman edit artikel.
  2. Hapus.
    Tombol ini akan menjadi trigger prompt konfirmasi jika benar-benar ingin menghapus artikel tersebut.
  3. Kirim Email.
    Jika Anda klik tombol ini maka artikel akan dikirimkan ke-email subscriber yang ada didatabase Anda ( lihat point Tampilan Antarmuka Untuk Pengunjung)

 

Tambah Post

Anda dapat menambahkan artikel/konten Anda melalui navigasi Tambah Post. Form dibuat sangat user friendly dengan menggunakan  WYSIWYG CKEditor Anda dapat dengan mudah menulis. Pada Ckeditor juga tersedia upload gambar untuk menambahkan gambar pada artikel Anda. Pun demikian Anda dapat menambahkan plugin-plugin CKEditor yang tersedia diwebsite CKEditor.

 

Tambah Page

Sama halnya dengan Tambah Post yang membedakan hanyalah pada form Tambah Page tidak ada input kategori dan form input file/gambar.


Kategori

Anda dapat menambahkan kategori serta mengedit melalui halaman ini.

 

Tag

Anda dapat menambahkan tag serta mengedit melalui halaman ini.

 

Role

Pada halaman ini berisi semua role yang ada. Administrator mendapatkan semua akses yang ada pada dasboard. Moderator hanya dapat menghapus/mengedit artikel yang dia publish dan penulis (role). Penulis hanya dapat menambahkan artikel. 

 

User

Anda dapat melihat jumlah yang registrasi serta Anda (sebagai Administrator) dapat memutuskan untuk mengaktifkannya atau tidak. Disini juga Anda dapat mengatur role user sebagai apa.

 

Komentar

Dihalaman ini Anda dapat memoderasi semua komentar pada blog Anda. Anda dapat menghapus, publish/unpublish (secara default tidak bisa diedit).

 

Subscriber

Pada halaman ini berisi list email subscriber/pelanggan yang mendaftar pada halaman Antarmuka Untuk Pengunjung.

 

Dukungan SEO

Pembuat juga memiliki pengalaman SEO yang cukup. Ditemplate sudah memiliki data struktur valid oleh google dan schema.org

 

API

CMS ini juga tersedia Rest-API dengan format JSON dengan endpoint sesuai dengan antarmuka pengunjung. API ini dapat digunakan untuk keperluan tertentu salah satunya untuk mengintegrasikan ke mobile apps Android iOS.

 

Contoh Blog dengan CMS LinkFlask

Anda dapat melihat contoh Antarmuka pengunjang disini https://linkflask.dhanipro.com/ dan Dashboard disini https://linkflask.dhanipro.com/admin123 dengan email admin@admin.com password admin123

Endpoint API

https://linkflask.dhanipro.com/api/home?key=randomstring

https://linkflask.dhanipro.com/api/home?key=randomstring&page=1

https://linkflask.dhanipro.com/api/kategori?key=randomstring

https://linkflask.dhanipro.com/api/tag?key=randomstring

https://linkflask.dhanipro.com/api/detail/1?key=randomstring

 

Cara mendapatkan CMS Ini

Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini silahkan kunjungi Github

Topik : python Flask
Similar Posts

Komentar (2)

rasyid
mudah dipahami
Reply · 22-December-2020 22:31 WIB


dirman
bermanfaat sekali
Reply · 15-October-2022 01:33 WIB


Tinggalkan Komentar