15%

Cara Menjalankan LinkFlask Mode Development

24-Sep-2020

Setelah kita mendapatkan file download LinkFlask, lantas bagaimana cara menjalankan aplikasi tersebut dikomputer/laptop kita ? tentu kita kita tidak ingin langsung upload ke hosting karena ada beberapa konfigurasi security yang harus dilakukan agar aplikasi web/blog kita aman.

 

Install Python 3.6+

Untuk dapat menjalankan dalam mode development tidaklah sesulit ketika kita menggunakan platform lain seperti wordpress, drupal, joomla. Anda cukup install Pyhon 3.6+ (disarankan 3.7) karena CMS ini dibuat dengan python maka komputer/laptop Anda harus terinstall python untuk menerjemahkan kode-kode pada CMS LinkFlask.

 

Membuat Virtual Environment (Optional)

Langkah ini optional, boleh Anda abaikan tapi sangat disarankan untuk membuat environment yang telah saya bahas disini.

  1. Buat folder untuk project (CMS LinkFlask) Anda ini terserah dimana dan nama juga terserah Anda.
     
  2. Pastekan file LinkFlask.zip ke folder yang telah Anda buat tadi dan ekstrak file zipnya di folder yang Anda buat (extract here)
     
  3. Buat virtual environment pada folder yang Anda buat pada point 1 dengan nama terserah Anda.
    Perintahnya python -m venv venv atau py -m venv venv
     
  4. Aktifkan virtual dengan perintah.
    venv\scripts\activate

Jika Langkah diatas sukses maka Anda akan melihat tanda dalam kurung venv pada command prompt Anda.

 

Install Framework Flask dan Extension lainnya.

Proses instalasi framework dan ekstensi (modul/library) dilakukan oleh Python secara online, Anda harus terhubung ke internet. Jika Anda programmer PHP maka Anda pasti mengenal dengan namanya composer, jika Anda dari Node,js maka Anda akan mengenal NPM. Nah, pada Python namanya PIP, Conda disini kita menggunakan pip yang sudah builtin pada saat kita install python pertamal kali.

Biasanya jika kita ingin menginstall paket dengan pip maka perintahnya pip install <nama_paket> tapi pada jika Anda lihat pada folder yang Anda buat tadi maka Anda akan melihat sebuat file requirements,txt yang merupakan salah satu hasil ekstrak file LinkFlask.zip. Didalam requirement.txt berisi list nama paket, jadi kita tidak perlu menginstal nama paket secara manual (satu-persatu), kita dapat menginsal semua paket denagn satu perintah yaitu:

pip install -r requirements.txt

 

Menjalankan CMS Mode Development

Setelah proses instalasi diatas maka kita dapat menjalankan CMS dengan perintah python run.py pada cmd
Secara default CMS akan membuat database SQLite untuk menyimpan konten tulisan Anda. Pada browser ketik http://127.0.0.l:5000 untuk registrasi admin http://127.0.0.l:5000/auth/register.

Selanjutnya kita harus konfigurasi CMS LInkFlask agar lebih secure. Tentunya kita tidak ingin dalam keadaan default akan kita upload ke server (hosting, vps)
 

Topik : python Flask
Similar Posts

Komentar (3)

rasyid
makasih kak infonya
Reply · 22-December-2020 22:30 WIB


Darmawan
Setelah register dan berhasil, tidak bisa posting karena kategori tidak ada pilihan. Bagaimana cara menambahkan kategori?
Reply · 17-October-2021 10:50 WIB

Darmawan
Ops... ternyata sudah disediakan menu lainnya.... OK, fix
17-October-2021 11:10 WIB


Tinggalkan Komentar